Bahaya Sampah Plastik Bagi Bumi Kita
23.54

Jumlah sampah plastik yang berasal dari produk kemasan plastik saja mencapai 1.600.000 ton per tahun atau 4.400 ton per harinya, dan ada sekitar 3.700.000 ton per tahun bahan plastik di produksi di Indonesia sebagai bahan campuran produk otomotif, perabotan rumah tangga, komponen elektronik dan masih banyak lagi. bisa dibayangkan jakarta sudah hampir menjadi lautan plastik jika sampah dari bahan ini tak segera dimusnahkan/ di daur ulang. 



Tidak semua sampah plastik bisa di daur ulang karena kandungan racun di dalamnya, hal inilah yang perlu kita peduli bersama. bayangkan ketika jumlah penduduk senakin naik dan jumlah sampah plastik pun maikin naik. bisa bisa bumi ini bakal pebuh dengan sampah plastik. Tidak hanya memnuhi bumi, sampah plastik yang dibiarkan juga akan berbahaya bagi tubuh. Racun dari plastik terlepas pada saat terurai atau terbakar. penguraian plastik yang memakan waktu puluhan tahun akan melepaskan berbagai jenis logam berat dan bahan kimia lain yang dikandungnya. bahan kimia ini terlarut dalam air atau terikat ditanah dan kemudian masuk ke tubuh kita melalui makanan dan minuman. 


Saat sampah dibakar menghasilkan salah satu bahan paling berbahaya didunia yaitu DIOKSIN; salah satu dari sedikit bahan kimia yang diteliti secara intensif, dan telah dipastikan menimbulkan kanker. bahaya dioksin sering disejajarkan dengan DDT, yang sekarang telah dilarang di seluruh dunia. 

0 komentar:

Posting Komentar